WFC Co-Exist Gang

Productivity Community
BSD, GS, Alsut, dan sekitarnya

Komunitas ini belum ada membernya. Iya, gak salah baca. Belum terbentuk, belum ada yang join, kecuali saya, karena saya yang butuh. So, here goes:

CALLING OUT TO LONELY WORK FROM ANYWHERE PEOPLE!!!

Oke, mungkin kata lonely kurang tepat. Tapi ini ditujukan untuk kamu-kamu yang suka buka laptop di cafe sendirian, terus begitu kebelet pipis, mau ninggalin barang-barang agak takut. Mau diberesin semua juga, haduh ribet ya, gabisa digantung di toilet juga laptopnya berat cuyy..

Gak itu doang sih, sebenarnya ini berawal dari kebutuhan saya yang perlu: Body Doubling.

Sebelum saya jelaskan apa itu Body Doubling, saya cerita sedikit ya struggle saya dengan WFH/WFA/WFC.

Jadi, gue itu paling gak bisa kerja dari rumah. Gak bisa banget kerja di tempat yang sama dengan saya istirahat. Udah gitu, kalo beberapa hari menjamur gak keluar rumah itu bener-bener mau gila rasanya. Gak bisa liat tembok doang, harus lihat langit, orang lalu-lalang, dll. Ada yang kayak gini juga gak sih, apa gue doang? wkkw. Tapi intinya bukan masalah setres, ya gak fokus aja, bener-bener gak produktif.

(stock photo di atas diambil dari Unsplash.com(1), Unsplash.com(2))

Nah kalo di cafe itu, jatohnya kayak memaksakan diri untuk gak boleh pulang sampai pekerjaan kelar. Dan memang minimum distraction, gak bisa tiba-tiba rebahan scrolling di hape. Udah bayar makan/minum demi bisa duduk di suatu tempat, ayo kita selesaikan pekerjaan secepatnya. Tapi ya kalo berisik banget juga keganggu dan gak bisa fokus hhhhh.

Selain itu, kalo di tempat umum itu, semacam ada subconscious psychology atau apalah yang bikin merasa: “Oh, ada yang ngawasin nih gue produktif atau procrastinate” and it works! Mungkin karena ada sedikit sense of accountability and competitiveness ya disitu, jadi lebih disiplin. Gue jadi mudah untuk ‘get in the zone’ or ‘flow state’. Iya, saya harus hyperfocus baru bisa ada yang beres kerjaan.

MASALAHNYAAAA: otak manusia kan pintar ya, lama-lama the effect wears off, karena pasti kita mikir “kan gue gak kenal ya sama orang-orang ini, bodo amat kali gue mo ngapain juga they’re minding their own business”.

Jadi, setiap gue ajak temen gue untuk WFC, jujur udah bukan casual invite. Tapi bener-bener KEBUTUHANNN. Kalo gak ada temen, kerjaan gak kelar. Ya atau yang kelar 20-30%. Dan teman-teman saya kebetulan kebanyakan kerja korporat yang sudah WFO atau ya memang suka aja mengurung diri di kamar wwkkwkw.

Oh iya, balik lagi, jadi apa itu Body Doubling? Body Doubling merupakan sarana yang digunakan beberapa orang untuk membantu mereka memulai dan menyelesaikan tugasnya. Dengan adanya orang lain di ruang fisik atau virtual yang sama, dapat membantu Anda produktif karena Anda memiliki seseorang yang hadir untuk memeriksa dan membuat Anda tetap fokus pada pekerjaan.

Boleh nonton video 2 menit ini for a better explanation: https://www.youtube.com/watch?v=ni9biXNDZe0

Jadi, kalo kalian pikir komunitas ini bakal jadi bikin kalian gak fokus kerja karena banyak ngobrol, you are very wrong. Disini kita bakal co-exist, atau dalam kata lain, diem-dieman aja kerjain kerjaan masing-masing. Mau Pomodoro Technique pake timer bareng juga boleh banget ayok!! Ya mungkin di awal ngobrol kenalan dikit-dikit ada lah.. Dan pengennya kalo bisa kita saling accountable, awal dateng “Hari ini mau kerjain apa aja?”, di akhir “Udah beresin apa aja dan sampe mana?”. Di situ mungkin juga bisa bantu cek apakah target to-do-list yang di set realistik atau tidak, karena jujur, I’m very bad at that. Alhasil, kena mental sendiri sangking kiasunya wkwkkwkw.

Another point is to build a sense of comraderie. Jujur, saya bukan tipe yang task-oriented, tapi ya 90% (angkanya ngarang ya) pekerjaan di dunia ini pasti ada *task-orientedness-*nya. Pekerjaan yang banyak bertemu orang pun pasti banyak pr, atau administrasi lainnya di belakangnya. Dan itu butuh level fokus yang tinggi. Kalo mengerjakan apa-apa selalu berasa sendiri, gak ada yang support, capek gak sih? Sometimes, di tengah-tengah capeknya kerja, hanya dengan melihat kanan atau kirimu juga sama-sama berjuang bersusah payah mencari nafkah itu bikin kita lebih merasa gak sendirian dan termotivasi lagi buat lanjut.

MAAF JADI PANJANG. Because this is quite personal to me, hehe.

Anyways, yang mau join bisa klik link grup whatsapp di bawah ini.

JOIN GROUP WHATSAPP: WFC Co-Exist Gang

Btw, gak harus pekerja korporat loh ya! Yang punya usaha sendiri baik yang masih melarat (seperti saya uhuk) ataupun sudah maju, juga boleh banget ikut. Nanti setiap harinya feel free buat buka list invite, contohnya seperti ini:

Kalau sudah terkumpul, baru pilih tempat yang kira-kira bisa mengakomodasi jumlah orangnya.

Thank you for reading my non-sense HAHAH! And thank you in advance buat yang tertarik untuk join! Yang sukanya kerja di kamar boleh sekip, bye, wkwk.

 

SEMOGA COCOK DAN BISA MENEMUKAN KOMUNITAS YANG TEPAT BUAT KALIAN YA! 

Kalau kamu one day decide untuk bikin club/komunitas sendiri (APAPUN BOLEH, SERIUS APA AJA), boleh banget request ke kami lewat form ini untuk dipost di website ini! 

Btw, jangan lupa follow Instagram dan TikTok untuk dapet info-info ter-update 😀

Dan kalau kalian punya referensi usaha apapun yang layak masuk website ini, boleh kasih tau di sini ya! (Tapi harus dicobain dulu ya biar sesuai standar hehe) 

written by: Viona Tan